Most Popular

Jumat, 30 September 2016

7 Fakta Mengejutkan soal Ponsel

 

 

7 Fakta Mengejutkan soal Ponsel

Kehadiran telepon genggam--atau akrab disebut ponsel--telah membawa banyak perubahan dalam gaya hidup dan kehidupan manusia di dunia.

Apalagi kecanggihan teknologi telah menjadikan ponsel sebuah perangkat pintar dengan rangkaian fitur bermanfaat.

Ponsel pintar di masa kini telah menjadi sebuah benda yang tak akan bisa lepas dari orang. Berkatnya, kita dapat berkomunikasi via telepon atau pesan, mencari informasi, dan melakukan banyak hal lain.

Di balik kehadiran ponsel canggih, ada beberapa fakta menarik yang terjadi pada masa lalu dan kini. Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com seperti dikutip dari Tech Crunch akan mengulasnya untuk kamu.

1. Motorola Dyna, Ponsel Pertama di Dunia

Tahukah kamu, ponsel pertama di dunia adalah Motorola Dyna TAC 8000X yang diciptakan karyawan senior Motorola, Martin Cooper, pada 1983.

Ponsel ini memuat 30 kontak dengan masa bicara (talk time) 30 menit. Harga Dyna dibanderol US$ 3.999 saat itu.

2. Tebak, Siapa Penemu Smartphone?
Bukan Apple atau pun Google, tapi IBM. Ya, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini merilis smartphone pertama pada 16 Agustus 1994.

Simon Personal Communicator adalah ponsel komersial pertama yang memiliki fitur layar sentuh. Layar Simon Personal Communicator dapat bekerja dengan bantuan stylus atau ujung jari. Di dalamnya juga terdapat kalender, buku kontak, kalkulator, dan notepad.


3. iPhone Terjual 37,04 Juta di 2012
Apple Inc berhasil menjual iPhone sebanyak 37,04 juta di 2012 hanya dalam 14 minggu! Kurun waktu itu setara dengan 262 iPhone terjual dalam semenit atau 1 iPhone per detik.

4. Harga iPhone Termahal Capai Ratusan Miliar
Masih seputar iPhone, Apple menghadirkan iPhone 5 yang disebut-sebut sebagai ponsel termahal di dunia pada 2012. Wajar karena iPhone ini bertabur intan hitam 26 karat di sisi bodi smartphone ini.

5. Android Kuasai 80 Persen Pasar di Dunia
Tak ada yang meragukan Apple sebagai pembesut ponsel tercanggih, iPhone. Namun di balik itu, iPhone ternyata tidak mendominasi pasar smartphone di dunia. Menurut data comScore, Android menguasai 82,8 persen pasar smartphone global.


Ponsel Antiair dan Tagihan Telepon

6. Ponsel Buatan Jepang Antiair
Ternyata hampir 90 persen ponsel buatan Jepang memiliki fitur anti air (waterproof). Hal ini demikian karena rata-rata orang Jepang gemar membawa ponselnya saat mandi.

7. Tagihan Ponsel Bikin Syok
Hal ini yang dialami Celina Aarons sangat mengetahui tagihan ponselnya yang mencapai US$ 201.000 pada 2011.

Rupanya, tagihan ini karena adik laki-lakinya mengirimkan 2.000 pesan teks dan mengunduh video berbayar yang harganya US$ 2.000 per video saat berlibur ke Kanada.

Ditambah lagi, adik laki-laki Aarons tidak bisa mendengar dan bicara. Untuk berkomunikasi, mereka harus mengirimkan pesan lewat ponsel.